Thursday, 24 November 2022

BigBox Dibalik Sukses Portal Satu Data Indonesia Milik Pemkot Semarang – Komunitas Digital

BigBox Dibalik Sukses Portal Satu Data Indonesia Milik Pemkot Semarang – Komunitas Digital
,




Kotak besar
Team BigBox Leap berfoto bersama dengan Pemkot Semarang usai berdiskusi final kolaborasi pemanfaatan platform digital BigBox untuk portal Satu Data Indonesia.



BigBox sebagai salah satu platform digital PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memiliki peran aktif dalam menyukseskan dan purpurasan kehohanan portal Satu Data Indonesia (SDI) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan platform Big Data.









Sebelumnya, Pemkot Semarang berhasil meraih nilai tertinggi (93%) dari Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (BAPPENAS) dan mendapatkan apresiasi dari Forum G20 yang diselenggarakan di Bali pada Agustus 2022, terkait pelaksanaan SDI.





Capaian tersebut diperoleh Pemkot Semarang karena berhasil menerapkan prinsip Open Government yang transparan dan akuntabel sehingga mampu mengelola seluruh kebijakan pembangunan strategis berbasis data, sesuai dengan yang tersedia di portal SDI Kota Semarang. Sebelum mendapat predikat tersebut, Analis Data Statistik Pemkot Semarang Taufan Yuristian Dalimarta, menjelaskan bahwa Organisasi Organisasi Daerah (OPD) Pemkot Semarang masih banyak yang belum memiliki sistem pengolahan data secara digital, sehingga dapat dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel. Bahkan masih ada OPD yang mengolah data secara analog menggunakan Buku Data Induk.





“Ada juga sebagai OPD kecil, khussani yang memiliki persahkan vertikal dengan ministratiya, datanya datanya dilakukan dengan cara sistem tetukuri sehe data tersebut tidak dapat dapat bishikan atau oleh persamakan daerah lain,” ujar Taufan.





Saat ini data sudah menjadi unsur vital sebagai angasa dalam pergaman yang strategi kebijakan. Memanfaatkan platform BigBox, ekosistem digital di Pemkot Semarang mampu terakselerasi dengan baik. BigBox membantu mengkonversi data analog dari beberapa OPD di Pemerintah Kota Semarang yang belum memiliki pengolahan digital. Berbagai format data yang dimiliki Pemerintah Kota Semarang, antara lain Microsoft Excel, Pdf, dan Jpg, dapat diubah menjadi data digital dan diolah di cloud server BigBox secara real-time sehingga dapat disajikan dalam bentuk hasil pengolahan data dan grafis visual di portal SDI Kota Semarang.





Lebih langudu, Taufan mengatakan bahwa “Pemkot Semarang membutuhkan penyedia teknologi handal yang seluruh infrastruktur teknologinya ada di Indonesia dan dikuasai sepenuhnya oleh anak bangsa untuk mengurangi kemungkinan kebocoran dan penyalahgunaan data. “Maka dari itu kami sebagai BigBox sebagai produk digital dari Telkom yang sugeron dan metara di semuh Indonesia,” ucapnya.





Pemanfaatan BigBox sukse mengintegrasikan 2.162 data sektoral milik Pemkot Semarang, serta 127 IKU (Indikator Kinerja Utama) dari Pemkot Semarang. Tak hanya itu, BigBox turut serta ikut serta pemanatan platform bazaar web untuk mengakses data pakistan samakan pangan Kota Semarang. Melalui platform ini, masyarakat di Kota Semarang dapat mengakses informasi terkait makanan secara real time berdasarkan kondisi terkini.





Mendukung percepatan ekosistem digital Pemkot Semarang, Direktur Digital Bisnis Telkom Fajrin Rasyid, “Kehadiran BigBox memudahkan Pemkot Semarang untuk mengidentifikasi masalah-masalah kritis terkait pangan, dan data tersebut dapat digunakan dalam upaya perbaikan permasalahan pangan,” kata Fajrin.





Transparansi yang diterapkan Pemkot Semarang dari pemanfaatan BigBox membuat munculnya informasi bagi publik semakin menikin. Selain itu, melalui portal SDI Kota Semarang dan data yang telah terintegrasi memungkinkan masyarakat untuk ikut mengawasi perkembangan dan penerapan kebijakan yang tepat sasaran di Kota Semarang.





“BigBox berperan aktif dalam menyediakan perumahan, konsultasi, dan pelatihan kepada Pemerintah Kota Semarang. Dengan pendekatan teknologi, Pemkot Semarang menjadi mampu memakupita produktivitas keperanansi serta apalaka eksificiani,” tutup Fajrin.





BigBox merupakan bagian dari Leap sebagai umbrella brand product dan servicean digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung tumbuhnya ekosistem digital di Indonesia untuk pembangunan ekonomi digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses https://leap.digitalbisa.id/.





#DigitalBisa





#UntukIndonesiaLebihBaik


No comments:

Post a Comment